Hari yang Penuh Kejutan

20140620_053736

Hari keempat, Jumat, 20 Juni 2014

Pasir Buncir, Caringin

Dan diantara kejutan-kejutan itu saya ingin tetap bersyukur…

Pagi di Pasir Buncir, sekitar pukul setengah enam pagi, pemandangan dari penjuru Timur memberikan kesan hangat saat perlahan-lahan matahari merayap keluar dari persembunyiannya. Sepersekian menit sebelum saya shalat subuh, saya sempat mengabadikan momen indah tersebut dengan mengambil spot yang berbeda dengan sebelumnya—sebelumnya saya mengambil gambar dari kamar. Di depan Gunung Salak tersebut, warna jingga keemasan itu nampak begitu memesona. Namun entah mengapa warna jingga tua bercampur paduan merah darah itu lama-lama menimbulkan suasana mencekam. 

Saya merasakan kengerian saat memandang jauh ke depan, dalam suasana pagi yang masih gelap itu saya merasakan adanya ketakutan yang tidak biasa. Maka saya putuskan untuk segera masuk ke dalam kamar, shalat, dan berbaring kembali ke ranjang menyusul teman-teman yang masih tertidur. Hingga datang kabar musibah dari Tim LPMPS C melalui pesawat telepon, saya tidak lagi peduli seberapa inginnya saya tidur saat itu.

Basecamp tim LPMPS C dibobol maling.

Begitu headline berita tersebut. Sontak kami yang masih setengah sadar antara mimpi dan kenyataan masih bingung mendengar kabar tersebut. Tidak percaya.

Namun kabar tersebut begitu cepat menyebar saat watsapp group mulai ramai membicarakan kabar buruk tersebut. Saya memang tidak sedang bermimpi, basecamp tim LPMPS C yang berlokasi di Desa Pasir Muncang memang telah dibobol pencuri yang diperkirakan masuk sedari pukul 3 hingga saat subuh menjelang. Delapan belas unit barang elektronik (laptop, ponsel, tab) milih dosen dan mahasiswa lenyap. Begitu pula dengan dompet, sejumlah uang, sepatu hingga kacamata juga raib dari pemiliknya. Meskipun saya tidak mengetahui langsung, namun saya dapat menangkap suasana hati orang-orang di penginapan tersebut. Keputusasaan, kemarahan, kesedihan, entah bagaimana mereka melakukan penelitian selanjutnya. Adalah hari keempat kami di sini, dan masih ada 4 hari lagi sisanya untuk merampungkan penelitian ini.

Berdasarkan kabar yang saya ikuti, polisi dan tim mobile segera didatangkan untuk memberikan bantuan di sana. Namun penelitian adalah penelitian, dan tidak ada yang bisa ditinggalkan. Kami yang berada di sini hanya bisa berharap dan berdoa, semoga sahabat-sahabat kami di tim sebelah diberi sebesar-besarnya ketabahan dan kesabaran…20140620_104711 20140620_103952

Sementara itu di Pasir Buncir, kami yang di sini melanjutkan perburuan kami dalam menemukan responden yang telah ditentukan dalam penelitian. Ada yang harus naik gunung, turun gunung, masuk ke pedalaman. Saya sendiri meneruskan perjalanan ke masing-masing RW dengan banyak masuk ke pedalaman terjal dan curam. Terakhir kali kemarin saya pulang pukul 8 malam setelah menemui responden yang rumahnya berada di bawah jurang (andai ada kata-kata yang lebih tepat untuk menggambarkan keadaan ini). Setelah berjuang naik ke atas dengan susah payah, akhirnya saya bisa pulang juga dengan bantuan abang ojek yang dengan sukarela menunggui saya selesai melakukan wawancara.

Ada yang saya syukuri dari jauh-terpencilnya tempat-tempat di sini, orang-orang (karena sudah terbiasa) beranggapan jarak yang saya tempuh adalah jarak yang relatif dekat. Maka biaya ojek yang saya keluarkanpun diluar dugaan saya. Diantar keliling desa, sempat tersesat, bahkan hingga ditunggui pulang, abang ojek ini tidak protes saat saya bayar 30 ribu saja. Sungguh anugerah yang tidak akan saya temui di rumah, di Jakarta ataupun di Jogja…20140620_104739(2)

Alhamdulillah…

Dibalik kejutan-kejutan tidak menyenangkan hari ini, saya ingin tetap bersyukur atas rahmat Tuhan yang Maha Pengasih..tinaa

Advertisements

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s