Pesan Sebelum Berangkat ke Sekolah

Dia selalu mengingatkan apapun yang berpotensi berbahaya untuk anak sematawayangnya, entah itu sekedar air hujan, makanan pedas, atau es.

Beberapa menit yang lalu Mom telpon. Dia bertanya apakah saya sudah berangkat kuliah atau belum. Karena ingat hari ini jadwal kelas siang, saya menjawabnya, belum. Saat Mom telpon, bahkan saya pun belum apa-apa (belum mandi, sarapan, dll).

Di dalam telponnya yang terkesan tergesa-gesa itu, kemudian dia bercerita kalau baru saja melihat seorang anak yang mengalami kecelakaan. Katanya, anak yang mau berangkat ke sekolah itu terjatuh dari motor yang dikendarainya. Mom memang tidak mendetilkan bagaimana kondisi sang anak saat itu. Namun saya sempat mendengar Mom menyebutkan kata patah terkait peristiwa kecelakaan pagi itu.

Menurut kelanjutan cerita Mom, lokasi kecelakaannya tidak jauh dari tempat saya terjatuh dulu. Saya jadi ingat, saat liburan di Jogja, waktu saya pergi mencari antena, saya pernah terjatuh di situ dan lecet-lecet.

Mom gemetaran melihatnya, begitu katanya. Dia teringat kalau saya pernah jatuh di situ. Lantas dia buru-buru menelpon untuk mengingatkan saya untuk selalu berhati-hati saat bepergian.Terutama saat naik turun kendaraan.

Saya mengiyakan pesan Mom seraya tersenyum. Bukan karena lucu, melainkan karena Mom masih sama seperti dulu. Dia selalu mengingatkan apapun yang berpotensi berbahaya untuk anak sematawayangnya, entah itu sekedar air hujan, makanan pedas, atau es.

Hingga saya sebesar ini, Mom masih selalu mengingatkan untuk selalu berhati-hati. Ya, sayapun menyadari, bahwa orang dewasa sekalipun tak luput dari ketidakhati-hatian. Dia bisa lupa ataupun ceroboh kalau keselamatannya bisa saja tidak aman. Nyatanya banyak pula bukan kecelakaan yang dialami orang dewasa. Itulah mengapa sampai sekarang Mom masih selalu mengingatkan. Karena ia tau, orang dewasa sekalipun masih perlu diingatkan…

tinaa

Any comments? just post!

