Design Your Ideal Room

KETIKA saya menempati sebuah ruang, terlebih untuk jangka waktu yang panjang, maka yang terpenting dari ruang tersebut adalah seberapa ideal ruang itu untuk saya. Katakanlah ruang itu adalah sebuah rumah atau kamar, maka tingkat ideal rumah atau kamar itulah yang menjadi hal terpenting bagi saya. Karena menempati sebuah ruang artinya kita tinggal di dalamnya. Sudah tentu, orang ingin meninggali sebuah tempat yang ideal atau sesuai dengan yang diinginkannya.

Namun kali ini saya sedang tidak ingin membahas mengenai rumah ideal. Karena aktivitas saya sebagai mahasiswa lebih banyak di dalam kelas, saya ingin membahas mengenai ruang kuliah.

“Ideal room for study”.

Meskipun saya tidak memiliki latar belakang design, seringnya menempati banyak ruang kelas membuat saya bisa membedakan mana ruangan yang ideal dan mana ruangan yang tidak ideal. Misalnya apakah ruangan itu nyaman, mendukung suasana belajar-mengajar, atau justru sebaliknya. Sayangnya memang tidak semua ruang kuliah cukup nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. Bahkan untuk sebuah kampus dengan standar world class sekalipun.

Perhatikan saja bagaimana ruangan yang ada di dalam foto berikut. Bisakah Anda memberi penilaian terhadap ruang kelas berikut?

2

Yang menjadi catatan saya adalah:

  1. Ruangan ini terlalu sempit. Untuk mahasiswa dengan jumlah yang cukup banyak—50an misalnya, kelas ini tidak cukup memadai.
  2. Penempatan pintu di depan yang sejajar dengan papan tulis, dosen mengajar, dan proyektor juga tidak benar. Selain karena mahasiswa yang keluar masuk ruangan (terlambat, ke toilet, dsb) dapat menganggu fokus belajar, proyeksi dari proyektor tidak bisa dilihat oleh semua mahasiswa.
  3. Posisi tempat duduk yang sama rata menyebabkan mahasiswa yang duduk di belakang tidak bisa melihat ke depan, terutama jika banyak mahasiswa dengan badan besar dan tinggi duduk di depan. Posisi duduk seperti ini jelas tidak menguntungkan mahasiswa yang memiliki postur tubuh lebih kecil karena pandangan mereka jelas terhalang.

Bentuk ruangan seperti ini tidak hanya saya lihat di kampus saya sendiri, melainkan di beberapa ruang kelas dari berbagai jenjang. Ruangan yang pintunya di depan, yang apabila ingin ke belakang, orang harus menunduk-nunduk kepada sang guru sebagai bentuk rasa hormat. Padahal yang seperti ini sebetulnya tidak efektif untuk belajar. Fokus pengajar harus terbagi selagi anak didiknya ingin izin ke belakang. Kalau mau ke belakang seharusnya ya ke belakang saja, kan. Pengajar tidak perlu khawatir apakah muridnya mau makan-minum, mengangkat telpon, ke toilet. Biar saja! Kalau dia melewatkan sesi belajar, toh siapa yang rugi…

design ruang kelas

my hand made my own design of ideal room for study

Lantas bagaimana ruangan yang cukup ideal untuk belajar? Menurut versi saya, ruangan ideal minimal harus seperti ini (lihat pada sketsa!)

Gambar ini mungkin tidak bagus, tetapi mewakili apa yang saya bayangkan tentang ruangan yang ideal untuk belajar.

Dengan ruangan seperti ini, kegiatan belajar-mengajar akan lebih fokus. Tidak perlu khawatir mahasiswa yang datang terlambat ataupun keluar masuk ruangan mengganggu suasana belajar. Bentuk meja dan kursi yang dibuat bertingkat (semakin ke depan semakin rendah) membuat siapa saja bebas melihat ke depan. Didukung dengan tata letak proyektor dan papan tulis yang sedemikian rupa, maka lengkaplah sudah ideal room buatan saya. Mahasiswa bisa belajar dengan lebih nyaman.

Nah, ini mungkin hanyalah sebagian kecil dari design-design yang ada. Ada banyak design yang lebih memadai daripada yang saya buat. Hakikatnya, ketika orang menempati suatu ruangan pastilah ada harapan agar yang terbaik yang ia tempati. Begitu halnya dengan saya. Saya berharap dapat menempati ruang yang betul-betul nyaman dan mendukung aktivitas saya.

Bagaimana dengan Anda? Ruang seperti apa yang ingin Anda tempati?tinaa

One thought on “Design Your Ideal Room

  1. febridwicahya

    Aku suka sama design yang mbak buat tuh. ideal banget. kursi sama meja yang laci, aku lebih suka tempat duduk begitu daripada kursi yang sekaligus ada kayak papan apa namanya itu. ideal banget, nggak sempit banget 😀
    btw, itu desainnya pake aplikasi apa ya mbak?
    oh iya, salamkenal ya 🙂

    Like

    Reply

Any comments? just post!

