Allianz, Satu Asuransi untuk Menjangkau Semua Aspek Kehidupan

QA1

FAKTANYA kesehatan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Karena dengaan sehat orang dapat melakukan beragam aktivitas. Semua orang pasti ingin senantiasa sehat, sebaliknya tidak ada orang yang ingin sakit. Sayangnya tidak semua orang mampu dan mau menjaga kesehatannya dengan baik.

Berbagai kendala terkait biaya dan akses perawatan kesehatan menjadi penyebab umum orang sulit memenuhi kebutuhan kesehatan. Akibatnya, kebanyakan dari mereka jatuh sakit. Sebagian dari mereka beruntung selamat, namun banyak pula dari mereka yang tidak terselamatkan akibat sulit mengakses sarana perawatan kesehatan.

Akses terhadap sarana perawatan kesehatan sebetulnya dapat ditingkatkan dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan terbukti dapat meningkatkan akses perawatan kesehatan individu. Masalahnya belum semua orang menyadari pentingnya memiliki asuransi kesehatan. Bagi masyarakat Indonesia, kasus ini tidak hanya dialami oleh kalangan wanita, melainkan juga pria.

1

Berdasarkan Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2012 mengenai cakupan asuransi kesehatan (Health Insurance Coverage), terdapat lebih dari 5 dalam 10 laki-laki dan perempuan Indonesia yang tidak memiliki asuransi kesehatan. Penemuan menunjukkan, enam dari sepuluh perempuan tidak memiliki asuransi kesehatan (63%). Sementara itu, tujuh dari sepuluh laki-laki tidak tercakup dalam asuransi kesehatan (69%).

2

Masih banyaknya jumlah laki-laki dan perempuan yang tidak tercakup asuransi menunjukkan bahwa akses perawatan kesehatan masih sulit dijangkau. Disamping itu, hal ini menunjukkan masih banyak pula orang yang belum memahami pentingnya tercakup asuransi kesehatan sebagai sarana pemenuhan perawatan kesehatan.

Ketika ditinjau kembali, penemuan menunjukkan tingkat pendidikan berkorelasi dengan jumlah pengguna asuransi. Masalah pendidikan menjadi masalah mendasar bagi sebagian besar masyarakat untuk sadar terhadap pentingnya memiliki akses sarana perawatan kesehatan. Pengetahuan tentang pentingnya tercakup asuransi kesehatan dipengaruhi oleh seberapa tingkat pendidikan seseorang. Sehingga semakin rendah pendidikan seseorang, kemungkinan memiliki asuransinya juga rendah.

3

Di satu sisi tingkat pendidikan berkaitan dengan pengetahuan terhadap akses perawatan kesehatan, kesejahteraan masyarakat juga berhubungan dengan ketercakupan asuransi kesehatan. Kesejahteraan masyarakat ditunjukkan melalui jumlah kekayaan yang dimiliki oleh seseorang. Artinya, semakin berada dan sejahtera seseorang, kemungkinan untuk tercakup asuransinya semakin tinggi.

Masalahnya, pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya memiliki akses kesehatan lebih banyak diperoleh melalui pendidikan. Sementara itu, orang yang tidak berpendidikan di Indonesia masih cukup banyak. Disamping lemahnya pengetahuan menghambat kesadaran seseorang, tingkat pendidikan secara otomatis berkaitan dengan jenis pekerjaan, penghasilan dan kesejahteraan seseorang. Dengan demikian, kemungkinan masyarakat memiliki asuransi sangat kecil dan hal ini sekaligus menunjukkan semakin rendah pula jumlah orang yang memiliki akses perawatan kesehatan.

4

Masalah lain yang menghambat ketercakupan asuransi juga tidak terlepas dari wilayah tempat tinggal atau residence. Dalam penemuan survey, orang yang tinggal di daerah perdesaan cenderung lebih banyak yang tidak memiliki asuransi baik laki-laki maupun perempuan, sementara hal tersebut terjadi sebaliknya pada orang yang tinggal di perkotaan.

Orang yang tinggal di perkotaan, tentu cenderung lebih mudah mendapatkan perawatan kesehatannya karena aksesnya lebih mudah. Sementara itu, bagi masyarakat di perdesaan selain karena hambatan pengetahuan dan kesejahteraan, akses menuju sarana perawatan kesehatan juga kurang memadai.

5

Dari fakta-fakta tersebut, maka jelaslah bahwa asuransi kesehatan masih belum mencakup seluruh lapisan masyarakat. Masih banyak orang-orang yang kesulitan mengakses sarana kesehatan karena masalah pendidikan, kesejahteraan, dan terbatasnya akses karena berbeda wilayah tempat tinggal.

Layanan kesehatan hanya dapat terjangkau jika tersedia akses. Sehingga, selama pendidikan, kesejahteraan dan tempat tinggal masih menjadi masalah kepemilikan asuransi, akses terhadap perawatan kesehatan di masyarakat akan terus terhambat.

QA

ALLIANZ sebagai perusahaan penyedia asuransi terbesar di dunia pun menyadari bahwa masih banyak orang yang belum memperoleh akses perawatan kesehatan. Terbukti dari total 240 juta penduduk Indonesia, baru 11 juta (4,5%) yang tercover asuransi jiwa.

Sementara itu gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga, makan dan minum tidak sehat, stress, dan kebiasaan merokok menjadi urgent karena kerap menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Jika demikian, untuk kasus di Indonesia, momok utama yang perlu diberi perhatian selain masalah kesehatan itu sendiri adalah bagaimana mengedukasi masyarakat sehingga memahami pentingnya menjaga kesehatan melalui pendidikan.

allianz insurance products

Hingga saat ini terdapat 6 jenis produk asuransi yang dikembangkan Allianz di Indonesia meliputi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi umum, asuransi syariah, asuransi kumpulan, dan asuransi jiwa bank. Masing-masing jenis asuransi tersebut terbagi ke dalam bermacam kategori perlindungan yang menjangkau banyak aspek yakni:

Asuransi Jiwa

  • SmartLink New Flexi Account Plus
  • SmartLink Flexi Account
  • Smartlink CI100
  • Allisya Hospital and Surgical Care++
  • Smartlink Maxi Fund Plus

Asuransi Umum

  • Asuransi Allianz MobilKu
  • Asuransi Perjalanan TravelPro
  • Asuransi Rumahku Plus
  • Asuransi Dana Kesehatanku

Asuransi Syariah

  • Allisya Benefit Account
  • Allisya Maxi Fund Plus
  • Allisya Rumah
  • Allisya Mobil
  • Allisya Invest Plus

Asuransi Kumpulan

  • SmarPension
  • SmartHealth
  • Smart Protection
  • Payung Keluarga
  • Smart Finance

Asuransi Jiwa  Bank

  • HSBC
  • SCB
  • Bank Permata
  • Bank Muamalat dan BTPN

Asuransi Kesehatan

  • SmartMed Premier – Asuransi Kesehatan
  • SmartHealth Maxi Violet – Asuransi Kesehatan
  • SmartHealth – Asuransi Kesehatan Kumpulan
  • Asuransi Kesehatan Allisya Care

Allianz productBagi saya, Allianz telah memfasilitasi masyarakat dengan sarana perawatan kesehatan yang menjangkau berbagai kriteria kesehatan. Pelayanannya begitu memadai meliputi masalah pengobatan di dalam maupun luar negeri, memberi penggantian biaya rawat inap sekaligus santunan kematian, hingga memberikan penggantian biaya perawatan untuk perorangan dan keluarga.

Dalam mempermudah pelayanan terhadap pengguna asuransi, Allianz pun telah melakukan inovasi dengan menciptakan Allianz eAZy Claim app. Kini melakukan klaim Asuransi kesehatan semakin mudah dan cepat, pengguna asuransi hanya tinggal menekan beberapa tombol tanpa perlu bersusah payah mencuri-curi waktu di tengah padatnya aktivitas.

Caranya sangat mudah, pengguna asuransi tinggal mendownload aplikasi dari ponsel masing-masing kemudian mengikuti langkah-langkah penggunaannya. Lihat pada ilustrasi berikut!

Aplikasi berikut memiliki keunggulan, diantaranya:

      • Memudahkan proses klaim melalui smartphone hanya dengan mengirimkan gambar tagihan, kapan dan dimana saja, dan tidak repot.
      • Memudahkan pengguna mencari rumah sakit rekanan Allianz terdekat melalui peta interaktif.
      • Memudahkan pelacakan riwayat klaim kapan dan dimana saja.

Dengan eAZy Claim, kini claim terhadap asuransi kesehatan dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik.

Menyadari kemudahan serta penyediaan pelayanan yang memadai ini membuat saya berimajinasi. Andai saja fasilitas-fasilitas ini dapat dinikmati oleh semua orang, mungkin saat ini ada banyak orang yang beruntung terselamatkan dari kematian akibat ketiadaan akses perawatan kesehatan. Mungkin akan ada banyak orang yang bersyukur karena memiliki proteksi sejak dini.

Akan tetapi, bagaimana caranya? sementara masih ada banyak hambatan dalam menjangkau asuransi kesehatan terkait masalah keterbatasan pengetahuan dan kesejahteraan.

Saya jadi berpikir, bagaimana jika suatu saat nanti Allianz memperluas jangkauan pelayanannya hingga ke bidang pendidikan. Dengan berperan sebagai agen perubahan dalam hal melek kesehatan melalui program edukasi, besar kemungkinan masalah akses perawatan kesehatan melalui asuransi dapat teratasi.

Dukungan saya terhadap Allianz untuk menyelenggarakan program asuransi pendidikan sebetulnya berasal dari pengalaman buruk saya menggunakan salah satu asuransi pendidikan. Padahal asuransi tersebut merupakan salah satu asuransi yang berasal dari perusahaan asuransi ternama di Indonesia. Saya kecewa karena rencana pendidikan saya berujung kandas di tengah jalan. Saya jadi tahu, ternyata tidak semua asuransi memberikan pelayanan terpercaya kepada penggunanya.

Untuk itu saya membuat sebuah skema tentang gagasan asuransi pendidikan. Skema dari gagasan tersebut adalah asuransi pendidikan diperuntukkan bagi siswa yang ingin meneruskan pendidikan tinggi. Pemberian asuransi ini selain untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, juga ditujukan untuk menciptakan duta masyarakat yang sadar mengenai pentingnya memiliki sarana perlindungan kesehatan.

Karena seperti temuan data sebelumnya, tingkat pendidikan berkorelasi dengan kemungkinan seseorang memiliki asuransi. Selain karena pendidikan menentukan tingkat pengetahuan, pendidikan juga memengaruhi kesejahteraan masyarakat melalui pemilihan pekerjaan.

Sehingga dengan meluaskan cakupan Allianz mencapai aspek pendidikan, Allianz tidak hanya akan berkontribusi terhadap peningkatan pendidikan di Indonesia melainkan juga kesejahteraan masyarakatnya. Dengan kata lain, seiring dengan peningkatan pendidikan dan taraf hidup, cakupan asuransi dapat diperluas sehingga menjangkau seluruh lapisan masyarakat baik di desa maupun kota.

Allianz for education

Memang, untuk merealisasikan upaya ini kita dibayang-bayangi masalah perekonomian yang dibuktikan dari sebanyak 49% orang merasa bahwa perekonomian tahun 2014 akan sama dengan di tahun 2013. Akan tetapi kita tidak perlu pesimis, dalam situasi seperti ini masih terdapat sejumlah orang yang percaya kondisi keuangan mereka akan semakin membaik.

Jika sebanyak 53% responden masih percaya bahwa akan ada harapan untuk kondisi keuangan yang lebih baik, berarti masih ada harapan untuk mewujudkan program edukasi ini. Saya percaya Allianz tidak hanya dapat memberikan akses terhadap perawatan kesehatan masyarakat secara menyeluruh tetapi juga mampu mengupayakan akses terhadap pendidikan.

6

Saya optimis Allianz mampu memberikan program penyelenggaraan pendidikan mengingat Allianz juga memiliki program-program berbasis edukasi seperti Allianz Junior Football Camp. Besar harapan saya Allianz dapat memberikan sumbangsihnya pula di ranah pendidikan yakni melalui penyediaan asuransi pendidikan sebagai sarana peningkatan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.

Mengapa pada akhirnya saya memilih Allianz untuk menyelenggarakan akses pendidikan, karena sebagai aspek penting bagi kehidupan pendidikan sudah selayaknya ditangani oleh pihak yang terpercaya. Allianz merupakan perusahaan besar yang sustainability-nya tidak diragukan lagi. Jangkauannya luas, dan merupakan salah satu komunitas keuangan terkuat yang beroperasi di 70 negara.

Allianz map of operation

Sebagai seorang akademisi, saya sangat berharap tersedianya kesempatan pendidikan dapat direncanakan melalui media perencanaan pendidikan yang tepat. Jika Allianz dapat berkontribusi dan berperan penuh sebagai mitra terpercaya di bidang kesehatan, tidak menutup kemungkinan pula di bidang pendidikan.

Asuransi pada setiap aspek kehidupan Allianz IndonesiaHarapannya, tidak hanya dalam kesehatan ataupun pendidikan, melainkan agar Allianz menjadi satu-satunya asuransi yang dapat menjangkau seluruh aspek kehidupan. Allianz: first choice,trusted brand, that deliver promises with memorable experiences!

7

Advertisements

8 thoughts on “Allianz, Satu Asuransi untuk Menjangkau Semua Aspek Kehidupan

  1. Yuniari Nukti

    Memang sih kesehatan itu penting. Karena itu punya asuransi juga mestinya harus. Sayangnya banyak orang gak tertarik punya asuransi dengan alasan premi yang tinggi. Gawatnya banyak yang mikir, daripada bayar asuransi, mending buat beli beras 😀

    Like

    Reply
  2. Beby

    Sampek sekarang, aku belom pernah ikut asuransi.. Lebih ke reksadana sih. Heheh.. Ngga tau ya kalok uda punya penghasilan sendiri nanti.. Btw, thank’s sharingnya 😀

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s