We’re Backpacking Tonight!

MALAM ini saya urung terpejam juga. Seperti biasa, jika ada momen bepergian saya susah memicingkan mata. Apalagi tempat itu akan menjadi pertama kalinya saya kunjungi, tempat yang jarang sekali saya jumpai. Besok pagi dengan kereta, saya akan ke Nusa Kambangan. Tempat yang menurut kabar menyimpan sejuta kisah terpendam di tengah stereotipe masyarakat yang kental akan bau kriminalitas.

Jujur saya sedikit tegang. Saya sama sekali tidak memiliki pengalaman apapun tentang Nusa Kambangan. Selama ini saya hanya mendengar Nusa Kambangan dari mulut ke mulut, dari media itupun baru setelah field trip mata kuliah Inovasi dan Kewirausahaan Sosial ini digagas.

Berdasarkan informasi dosen kami, mas Imam Prasodjo, Nusa Kambangan merupakan sebuah pulau di mana para narapidana di tempatkan. Tempat di mana dulu pernah tinggal terpidana kasus bom Bali, Imam Samudra dkk. Tempat yang dulu pernah menjadi hunian Tomi Soeharto dan para terpidana lainnya.

Cukup seram juga ketika field trip kami rupanya bertandang ke tempat yang penuh tokoh-tokoh kriminal. Bagaimanapun juga saya sempat merasa ngeri juga. Akan tetapi tujuan ke Nusa Kambangan bukanlah sekedar berkunjung ke lapas dan menyaksikan para terpidana. Di sana saya ingin belajar melihat bagaimana sebuah perubahan muncul di tengah stereotipe buruk dan mungkin kebobrokan yang telah bertahun-tahun menumpuk di sana.

Saya sudah selesai packing. Ada satu ransel penuh yang saya bawa berisi pakaian dan makanan. Pukul 04.00 wib nanti saya berangkat. Di dalam hati saya sudah membuncah, tak sabar ingin menjelajah misteri Nusa Kambangan yang legendaris itu…

©Tina Latief 2014

Advertisements

12 thoughts on “We’re Backpacking Tonight!

  1. Catatan Raaifa

    Saya dulu pernah berkunjung ke LP saat menjenguk seorang teman tersandung kasus narkoba. Disana saya membayangkan bagaimana jadinya kl saya jadi salah seorang penghuni LP sana.. Kesimpulannya saya ga bisa bayangkan. Akhirnya saya bertekad jadi orang baik saja kedepannya.. Itu baru LP kelas II.A mba,, gimana lagi lagi dengan Nusa Kambangan yang nyata LP level tertinggi, kelas IA.. belum bayangin aja saya udah mumet..hehehe.

    Salam kenal mba.. Isi blog ini bagus semua, dan saya menikmati 🙂

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      Salam kenal juga raifa.. eh namanya raifa kan?
      lp-nya di mana itu?
      iya di Nuskam memang untuk para napi yang berat. Kemarin saya ketemu dan sempat ngobrol dengan beberapa napi. Ceritanya menyusul ya hehe

      Terimakasih atas kunjungannya ya 🙂

      Like

      Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s