Kristal-kristal Putih di Badan Usai Jogging

ADA sebuah keanehan yang muncul usai jogging beberapa kali kemarin. Dua kali jogging dengan jarak mencapai lebih dari 5km, badan saya mengeluarkan kristal-kristal mirip pasir putih.

image

Mulanya saya mengira kristal-kristal itu adalah sunblock yang saya pakai. Kebetulan, krim sunblock yang saya gunakan memiliki partikel-partikel yang kasar. Tetapi kemudian saya sanksi karena saya tidak menggunakan krim sunblock di kaki. Teman saya menjelaskan kristal-kristal itu adalah sejenis garam beracun yang keluar dari dalam tubuh melalui keringat.

Kata teman saya hal tersebut normal terjadi. Terutama jika kualitas lari cukup baik. Kristal-kristal serupa akan muncul jika tubuh mengandung cukup banyak racun. Kasusnya seperti kristal pada batu ginjal. Jika tidak dikeluarkan, ginjal akan bekerja lebih keras.

Saya masih belum menemukan apa nama ilmih dari peristiwa ini. Yang pasti, keluarnya kristal sejenis ini akan terjadi beberapa kali selama tubuh masih mengandung racun.

Apakah tubuh Anda pernah mengeluarkan kristal-kristal serupa? Mungkin ada penjelaslan yang lebih baik dari tulisan ini.

© Tina Latief

4 thoughts on “Kristal-kristal Putih di Badan Usai Jogging

  1. kutukamus

    Waktu masih suka lari dulu saya biasa begitu. Jadi ‘treatment’-nya ya biasa saja:
    – air putih (suhu kamar, dan bukan yang konon dikasih segala macam plus ini-itu)
    – minum manis (es teh, kelapa muda.. sesi senang2 biar semangat, pokoknya ‘gula’)
    – tidak ragu untuk jajan (yang ringan, bukan cari kenyang.. pokoknya ‘garam’)

    Note: cuma share amatiran semasa muda (waktu spare parts masih sangat prima) lho ya. Saat itu jajan masih relatif aman—sekarang jangankan warung, rumah saja rata2 bumbu sachet alias kimia semua :mrgreen: (jadi mungkin overall situasinya agak beda).
    (PS: untuk atlet yg standar energi dan ekskresinya di atas orang kebanyakan, mungkin perlu paham juga tentang hiponatremia)

    Selamat lari, berkeringat itu menyegarkan dan perlu! 🙂

    Like

    Reply

Any comments? just post!

