Legalnya Pernikahan Sejenis di AS dan Terbukanya Akses terhadap Hak-hak Legal

Supreme Court Ruling Makes Same-Sex Marriage a Right Nationwide - The New York Times

Same sex marriage atau pernikahan sejenis akhirnya dilegalkan secara nasional oleh Mahkamah Agung Amerika Serikat. Kini masyarakat gay, lesbian dan transgender bukan lagi warga kelas dua. Kini mereka adalah warga yang sama-sama diakui keberadaan dan haknya oleh negara.

Keputusan monumental tersebut bukan sekedar memberikan pengakuan atas dua insan homoseksual yang saling mencintai, tetapi juga menghapus stigma negatif bahwa homoseksual adalah sebuah penyakit menular dan berbahaya di masyarakat. Dengan kata lain tidak ada lagi diskriminasi. Mereka sama seperti masyarakat heteroseksual pada umumnya yang mampu menjalankan fungsi sosial yang sama di masyarakat.

AS adalah negara ke-21 yang melegalkan pernikahan sejenis secara nasional. Sekarang pasangan dari pernikahan sejenis dapat menikmati hak legal dan manfaat yang sama seperti pasangan heteroseksual yang menikah. Dan mereka akan diakui di dalam dokumen resmi seperti di dalam sertifikat kelahiran dan kematian.

Yang menarik, kebijakan institusi negara AS tentang pelegalan pernikahan sejenis ini tidak bertujuan untuk mengubah ketentuan agama. Setelah dikeluarkannya kebijakan inipun masih banyak pula gereja yang menentang pernikahan sejenis ini dan pemerintah juga menerima bahwa ia tidak bisa melakukan pemaksaan.

Namun pentingnya di sini adalah bahwa negara tetap berupaya menjalankan fungsinya sebagai negara yakni dengan membuka akses untuk setiap warga negara agar punya kesempatan yang sama terhadap fasilitas jaminan sosial. Dengan adanya kebijakan ini, pemerintah setidaknya telah memberikan jaminan yang setara terhadap warga negaranya. Meskipun ini juga berarti bahwa perjuangan mereka mungkin masih panjang. Tapi tanpa legislasi tersebut, perjuangan mereka akan lebih berat.

©Tina Latief 2015

Advertisements

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s