My Lovely Auntie

JIKA DISURUH MEMILIH SIAPAKAH ORANG TERKASIH DI ANTARA semua anggota keluarga, mungkin aku akan sangat bingung. Yang pasti aku tidak bisa memilih. Karena setiap dari mereka, baik Mum, Kakek, Nenek, atau anggota keluarga yang lain semua sangat berarti bagiku.

20141025_071150Tidak terkecuali bibiku. Bibi Yanti. Dia sudah seperti ibu kandungku sendiri. Apalagi sejak aku memutuskan untuk tinggal di Jakarta dan Mum di Jogja merawat Kakek dan Nenek, Bibi Yanti selalu menjadi orang pertama yang aku cari selama di sini.

Dan bibiku itu, tahukah kalau dia sangat hafal dengan makanan kesukaanku. Acapkali pulang dari kantor dan mampir ke rumah, bibiku selalu siap dengan tepung terigu, tauge, wortel, bahan-bahan pembuat bakwan. Tak lupa, makanan lainpun juga selalu disiapkan. Dia tahu kalau aku akan makan sangat lahap jika di rumah ada tumis. Aku selalu memuji masakannya. Yah meskipun hanya tumis biasa, tumis kangkung dan sejenisnya, bagiku masakannya sudah seperti makanan dewa.20141025_071434

Yang sering membuatku terharu, bibiku itu perhatiannya tidak pernah kurang. Meskipun aku sudah besar, aku selalu dikhawatirkan seperti anak kecil yang belum bisa menjaga diri. Seperti misalnya kemarin sewaktu aku hendak pulang ke Depok. Sebelum pulang, bibiku masih sempat menanyaiku tentang jadwal bus kuning di UI. Dia khawatir kalau-kalau aku terlambat mendapatkan bus. Bibiku berpesan supaya tidak naik ojek sembarangan…

Padahal jika dipikir-pikir, bibiku itu juga punya banyak anak, bahkan ada yang masih kecil-kecil. Bisa dibayangkan bukan bagaimana hebatnya ia jika dalam kerepotannya mengurus rumah tangga dan anak-anaknya pun masih sempat memikirkan orang lain. Maka tidak bisa dipungkiri lagi kalau bibiku itu memiliki kasih sayang seluas lautan. Ah bibiku… semoga kasih sayangmu akan membawa kebaikan untukmu..

©Tina Latief 2015

4 thoughts on “My Lovely Auntie

Any comments? just post!

