Jalan Panjang Pembangunan Gedung C Fisip Ui

IMG_20160502_212554SAAT itu akhir liburan semester empat ketika timeline sosial media saya mendadak ramai dengan foto-foto yang diunggah oleh sejumlah teman mahasiswa. Foto-foto yang nampak sama, sebuah bangunan yang sangat familiar namun diliputi asap dan api yang sangat besar.

Hari itu kabar duka datang dari kampus tercinta. Gedung C yang menjadi gedung utama Departemen Sosiologi ludes terbakar. Berdasarkan berita, kebakaran dipicu oleh korsleting pada air conditioner. Saya memang tidak menjadi saksi langsung atas musibah yang terjadi pada 7 Januari 2014 lalu itu, namun bagaimana dampak dari peristiwa kebakaran itu masih tergambar jelas di dalam ingatan saya.IMG_20160502_215033Atmosfer di kampus mendadak berubah suram. Terbakarnya Gedung C membuat para Sosiolog kehilangan rumah yang selama ini menjadi ‘tempat tinggal’ nya. Arsip, dokumen dan buku-buku seluruhnya musnah yang ini berarti aktivitas belajar mengajar akan banyak mengalami masalah. Belum lagi, mahasiswa Sosiologi jadi terpecah belah karena meeting point (baca: tongkrongan) yang biasanya digunakan untuk bertemu banyak mahasiswa antar generasi kini tinggal puing-puing belaka.

Beberapa bulan kemudian, kabar baik terhembus dari pihak universitas. Kabarnya Gedung C yang baru akan mulai dibangun kembali pada tahun 2015. Saat itu bahkan telah tersebar pula grand design Gedung C yang baru. Saya sempat terperangah mengingat desain yang muncul begitu luar biasa. Berbeda 180 derajat, sekilas yang bisa saya ingat bahkan akan ada brand-brand besar seperti Sevel dan Jco?

Pada tanggal 26 November 2014, sejumlah eksavator dan alat-alat berat lainnya mulai diturunkan. Hari itu suara bising yang berasal dari alat-alat penggempur gedung memenuhi ruang udara kompleks Fisip UI. Sejujurnya, suara-suara itu benar-benar mengganggu karena ruang perkuliahan saya dan teman-teman saat itu tepat berada di sebelahnya. Meskipun demikian, apa yang saya dan teman-teman pikirkan mungkin sama.  Kami bisa maklum karena ini berarti kemajuan bagi pembangunan Gedung C yang baru.

Namun dugaan saya keliru. Setelah puing-puing dibersihkan, Gedung C sampai saat ini tak kunjung dibangun. Grand design yang saat itu diluncurkan hanya menjadi wacana semata. Dua tahun telah berlalu dan kini belum ada perkembangan apapun bahkan dari pihak departemen.IMG_20160502_214103 IMG_20160502_214322Apa yang saya nyatakan terbukti dari sebuah selentingan yang saya temukan di sudut lorong bekas Gedung C. Secarik kertas putih berlaminating nan sederhana yang entah sejak kapan berada di sana, menunjukkan pesan berisi sarkasme untuk Gedung C. Isinya tak lain mempertanyakan kepastian pembangunan kembali Gedung C.

Kapan Gedung C dibangun kembali?

Membaca tulisan itu, saya cuma bisa tersenyum datar. Lagi-lagi masalah ketidakpastian menjadi hambatan. Walaupun tidak heran sebetulnya jika pembangunan Gedung C tak kunjung direalisasikan. Coba kita lihat berapa jumlah proyek terpilih di UI yang eksekusinya hingga saat ini tak kunjung selesai.

Berdasarkan ulasan Gerbatama edisi 79, setidaknya terdapat tujuh proyek fasilitas dan infrastruktur di UI yang hingga saat ini masih mangkrak, belum selesai. Sebut saja 1) Integrated Lab & Research Center (ILRC), 2) Art and Cultural Center, 3) Lab Sains & Multidisiplin Pertamina FMIPA UI, 4) Rumah Sakit Pendidikan UI, 5) Medical Education & Research Center (MERC) FKUI, 6) Gedung Fasilkom dan 7) Gedung C Vokasi. Tiga proyek diantaranya bahkan belum dapat dipastikan kapan pembangunannya akan selesai.IMG_20160503_000803

Nah, bisa dibayangkan sebetulnya kapan Gedung C, Departemen Sosiologi akan mulai dibangun. Realitanya memang demikian, banyak aral melintang untuk bisa mempercepat pembangunan Gedung C. Jadi jika kakak dan adik (mahasiswa) bertanya kepada ayah (Pak Dekan/ Pak Rektor) kapan Gedung C Fisip UI dibangun, ayah pasti menjawab: Sabar ya, Nak. Ayah juga lagi bingung. 

Biarlah rumput di pelataran bekas Gedung C itu tumbuh subur dahulu.

©Tina Latief, 2016

copy-of-introducing

Baca juga:
Gedung C Fisip UI Terbakar
Pak Iqbal Djajadi Tutup Usia
Harapan Baru Pasca Musibah Sosiologi UI
Pasca Kebakaran, Gedung C Fisip UI Mulai Dihancurkan

Advertisements

2 thoughts on “Jalan Panjang Pembangunan Gedung C Fisip Ui

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s