Tahun ini Menyambut Ramadhan di Jakarta

IMG_20160605_213245SETELAH menantikan jalannya perhelatan sidang isbat nasional di televisi, akhirnya ditetapkan juga oleh pemerintah bahwa 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 6 Juni 2016. Suasana di rumah saat itu mendadak pecah dengan ucapan syukur dan teriak kegembiraan. Karena itu berarti malam ini seluruh umat Islam di tanah air sudah bisa mengawali shalat tarawih dan esok harinya sudah mulai berpuasa secara serentak.

Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, jika biasanyasaya akan bersama keluarga di Yogyakarta, kali ini saya menyambut Bulan Suci Ramadhan di Jakarta. Karena masih dalam masa persiapan sidang kelulusan, maka saya tidak bisa bersama-sama menyambut bulan puasa di sana. Sebagai gantinya, saya menyambut bulan puasa bersama paman dan bibi di Jakarta. 
Malam tadi, saya pergi shalat tarawih bersama adik keponakan dan para tetangga terdekat. Kami melaksanakan shalat tarawih berjamaah di Masjid Istiqomah, masjid mungil yang letaknya tak jauh dari kompleks rumah. Alhamdulillah, suasana shalat tarawih di hari pertama ini berlangsung sangat khidmat. Saya bersama dengan para jamaah lainnya mengikuti shalat tarawih sejumlah 11 rakaat (tarawih dan witir) dipimpin oleh seorang imam yang sangat baik pembacaan ayat-ayat Qurannya.2Tak lebih dari pukul sembilan, shalat tarawih di Masjid Istiqomah telah selesai. Satu-persatu par ajamaah meninggalkan masjid, berduyun-duyun dalam balutan mukena dan pakaian muslim. Melihat pemandangan ini membuat saya merasa hangat. Rasanya damai menyambut bulan suci Ramadhan secara serentak seperti ini.

Tetapi, ada yang unik dari shalat tarawih di masjid tadi. Jika biasanya jumlah jamaah yang datang ke masjid akan sangat membludak di hari pertama shalat tarawih, malam tadi jamaahnya tidak sampai memenuhi masjid. Rupanya pengumuman sidang isbat yang cenderung terlambat dan mepet dengan waktu shalat tadi telah memengaruhi jumlah jamaah yang hadir. Warga banyak yang merasa ragu dengan keputusan sidang yang pada akhirnya diputuskan pada hari ini.

Di Jakarta, pelaksanaan puasa dan shalat tarawih memang selalu mengikuti ketetapan sidang pemerintah. Jadi, mau tidak mau warga harus bersiap ketika waktu puasa disampaikan dengan cara yang mendadak. Ini juga menjadi pembiasaan bagi saya yang jarang-jarang melaksanakan Ramadhan di Jakarta. Harus terbiasa ketika pengumuman sidang isbat itu memaksa kita meletakkan piring makan yang baru saja kita pegang 😀IMG_20160606_054735Meskipun demikian, hal tersebut tidak menjadi persoalan. Saya yakin, pada malam kedua nanti, masjid ini akan segera dipenuhi jamaah seperti di tahun-tahun sebelumnya. Yang utama, mari kita sama-sama menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan dengan sejuta kebaikan. Kita manfaatkan momentum ini untuk memupuk amalan dan ibadah kita kepada Tuhan.

Semoga ibadah kita hari ini dilancarkan hingga dua puluh sembilan hari ke depan.

©Tina Latief 2016

copy-of-introducing

Advertisements

26 thoughts on “Tahun ini Menyambut Ramadhan di Jakarta

    1. Tina Latief Post author

      Aaamiin…
      Iya mas, kalau sedang banyak kepentingan seperti ini jadi susah, apalagi kepentingan itu menentukan masa depan kita. Tapi semoga saja ibadah kita senantiasa dilancarkan dan diberi kemudahan..

      Like

      Reply
  1. Emakmbolang

    Masih belum bisa merasakan tarawih ke Masjid hingga malam kedua ini. jaga si kecil dirumah.
    Semoga ramadhan berjalan lancar dan mmenggunungkan pahala bagi kita semua. Aamiin

    Like

    Reply
  2. bebe'

    Selamat menjalankan ibadah puasa ya Tina. Semoga lancar terus dan sehat selalu. Aku suka kangen suasana ramadan di Indonesia. Di sini ga ada bedanya kayak hari-hari biasa soalnya.. hihihi

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      Makasih Mba Be.. aamiin, semoga sehat juga buat mba dan keluarga (terutama yang masih dalam kandungan). Kalau aku malah penasaran gimana puasa di luar negeri hehe. Mudah-mudahan kelak merasakan juga..
      Mba Be ngga mau main ke Indo? sinih mba.. hehe

      Like

      Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s