Ngingrong Geopark, pesona tebing gua vertikal

img_20170225_235018_579

Tebing gua yang dulu sepi, kini ramai dikunjungi oleh penikmat wisata alam dari berbagai daerah. Tebing Ngingrong telah mendapatkan popularitasnya.

AKU merasa beruntung memiliki kampung halaman yang memiliki pesona keindahan alam yang tiada habisnya. Jadi semisal aku sedang penat ataupun lelah dengan rutinitas di Jakarta, aku bisa sewaktu-waktu pulang dan main sepuasnya. Dan aku juga tak perlu khawatir akan bosan karena ada banyak pilihan wisata yang bisa dikunjungi dari waktu ke waktu. Pantai mungkin menjadi salah satu daya tarik utama. Tapi jangan lupa bahwa masih ada sederet tempat wisata lainnya seperti hutan, geopark dan gua yang keindahannya dijamin akan meluluhkan semua penat selama bekerja.

Sebut saja Tebing Ngingrong atau yang sekarang diberi sebutan Ngingrong Geopark. Gua vertikal yang dikelilingi bebatuan kapur ini kini menjadi daya tarik wisata Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Gua yang dulunya hanya didatangi oleh para caver ini sekarang ramai dikunjungi anak-anak muda dari berbagai daerah yang tertarik untuk menyaksikan sendiri keindahan alam yang merupakan perpaduan tanaman hutan dan palawija milik petani lokal. Atau mungkin juga karena keunikan tempat wisatanya yang konon di salah satu dinding gua ini tertulis lafal “Allah”.

img_20170225_233817_035

img_20170225_231002_804

Terkait dengan lafal itu, well, aku sendiri tidak menganggap daya tariknya ada pada aspek tersebut. Yang kutahu setelah melihatnya sendiri, tulisan di dinding gua itu tak lebih hanya sekadar proses biologi dan fisika yang terjadi selama bertahun-tahun. Bentuknyapun menurutku tak begitu mirip dengan tulisan Allah dalam huruf Arab seperti yang dipopulerkan. Ketika melihatnya pertama kali, malah aku berimajinasi bahwa yang di dinding itu mirip Agumon 😀 (Agumon adalah salah satu tokoh Digimon yang berwarna kuning). Kalaupun aku tertarik dengan tempat wisata ini, itu adalah nuansa yang dihasilkan dari si gua. Nuansanya sejuk dan damai. Meskipun sedikit menyeramkan saat melihat ke bawah, mandang warna hijau kekuningan dibawah terpaan sinar matahari terbenam sungguh elok rasanya.

15538303_234056780335786_3839272434125504512_n

Di Ngingrong Geopark juga ada fasilitas flying fox bagi yang menggemari olahraga adrenalin rush. Aku sempat ditawari juga saat datang ke mari. But hell, no. Definitely no! Aku cuma nyengir saja saat si pemandu wisata menawariku dengan harga yang murah itu. No Sir, thank you 😀

Aku memang tidak begitu suka dengan adrenalin rush. Meskipun aku memiliki cita-cita bisa menerbangkan pesawat. Tetapi untuk flying fox, di sini, oh, mungkin lain kali saja he he he. Kali ini aku lebih suka duduk-duduk manis sambil menengadah ke langit lepas. Rasanya begitu damai dan tanpa beban.

Nah, sampai di sini dulu cerita tentang tempat wisata di Yogyakarta. Jika kamu tertarik, silakan berkunjung 🙂

©Tina Latief 2017

Tebing Ngingrong atau Ngingrong Geopark
Lokasi: Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55851
Koordinat: -8.029124, 110.591538

12 thoughts on “Ngingrong Geopark, pesona tebing gua vertikal

  1. Yuniari Nukti

    Sekali aku ke Gunung Kidul Mbak, pemandangannya ajib bangeettt… pas lewat landmark Wisata Gunung Kidul pengen foto disitu, tapi posisinya di tikungan, kasihan Pak Sopir kalau harus belok muter hehe..

    Like

    Reply

Any comments? just post!

