Press Conference Maybank Bali Marathon 2017 dan apa saja yang perlu kamu tahu

“Saya memastikan rute ini lebih indah dan menantang karena 60 persen melewati jalur tanjakan”, —Taswin Zakaria

KAMIS, 16 Maret 2017 kemarin, aku dan temanku, Uki, berkesempatan menghadiri undangan Press Conference Maybank Bali Marathon mewakili komunitas lari Indorunners Depok (Derby) di Sentral Senayan III. Ada beberapa agenda penting yang disampaikan dalam press conference itu: yang pertama dan yang paling ditunggu-tunggu yaitu tentang waktu pelaksanaan Bali Marathon, apa saja yang baru di Bali Marathon dan tentunya pengumuman-pengumuman lain terkait dengan teknis pelaksanaan marathon di Pulau Dewata itu sendiri.

Acara dimulai dengan makan siang bersama rekan-rekan runners dan media. Ya, di sini aku tidak hanya berkesempatan menghadiri acara tetapi sekaligus reunian dengan teman-teman runners dari berbagai komunitas.

Di acara makan siang ini, kami dijamu dengan hidangan dengan nuansa dan cita rasa khas Bali yang rasanya begitu lezat. Setelahnya, barulah acara dilanjutkan dengan pembukaan dan juga pengumuman terkait pelaksanaan Bali Marathon keenam tersebut.

Jadi, kapan Bali Marathon 2017 akan dilaksanakan?
Setelah menebak-nebak, akhirnya 27 Agustus 2017 ditetapkan sebagai tanggal official  pelaksanaan Bali Marathon 2017. Penetapan tanggal ini sebetulnya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya dan cukup predictable. Yang penting juga untuk dicatat, pendaftaran dibuka mulai Minggu, 16 April 2017.

Rute Bali Marathon
Taswin Zakaria selaku Presiden Direktur Presiden Maybank Indonesia menyatakan bahwa tahun ini Bali Marathon akan menggunakan rute baru. “Pelari-pelari kita sepertinya suka mencari tantangan.” demikian katanya. Itu sebabnya di MBM kali ini Maybank memilih rute baru yang konon kabarnya lebih menantang

“Kami telah menjajaki rute baru yakni kabupaten Klungkung dan Bangli. Pekan lalu, kami sudah mencoba rute dan saya memastikan rute ini lebih indah dan menantang karena 60 persen melewati jalur tanjakan,” sambungnya.

Jumlah Peserta
Setelah sukses di lima tahun sebelumnya, tahun ini MBM diperkirakan akan diikuti oleh 8000-9000 peserta. Hal ini berkenaan dengan antusiasme masyarakat terhadap penyelenggaraan event lari bertaraf internasional tersebut. “Kami juga ingin meningkatkan jumlah peserta setelah melihat animo masyarakat yang semakin tinggi pada event ini tanpa melupakan kenyamanan dan kualitas lomba,” demikian jelas Taswin.

Kuota untuk Komunitas Lari
Yang agak krusial dalam rencana pelaksanaan MBM tahun ini adalah pembagian kuota untuk komunitas-komunitas lari. Di sini, pihak menejemen dituntut untuk lebih tegas dalam pembagian kuota untuk tiap-tiap komunitas. Hal ini berkenaan dengan adanya isu bahwa pembagian jatah kuota untuk komunitas tahun lalu tidak tersalurkan dengan baik sehingga menimbulkan kecemburuan. Menurut penuturan salah satu komunitas, jatah kuota tahun lalu tidak merata alias menumpuk pada satu komunitas besar saja, sementara itu komunitas lari kecil tidak mendapat jatah.

Pihak manajemen tidak menampik hal tersebut, sebaliknya justru menjelaskan bahwasannya tahun lalu MBM sempat menerapkan sistem baru yang disinyalir belum sempat terdistribusi dengan baik. Akan tetapi mereka berani memastikan bahwa hal ini tidak akan terjadi dalam pelaksanaannya kali ini. Adapun di press conference ini juga dijelaskan bahwasannya pendaftaran untuk komunitas akan ditutup setelah tanggal 9 April 2017 dengan minimal pendaftaran sebanyak 10 orang.

Lalu bagaimana dengan detil pelaksanaan lainnya? Well, tidak semua detil lombanya dijelaskan di dalam conference ini karena persiapan masih terus berjalan. Meskipun demikian masih ada beberapa hal penting lainnya terkait dengan MBM 2017 ini yang perlu diketahui. Berikut beberapa poin penting lain:

Race Category
Kategori lomba terdiri atas 4 kategori: Full Marathon, Half Marathon, 10K & Children’s Sprint

Running Shirt
Supported by Adidas

Refreshment
Danone (Aqua) dirilis sebagai official drinking water di MBM 2017. Disamping itu, akan ada minuman isotonik (belum disebutkan merknya) dan penambahan jumlah buah pisang.

Start & Finish line
1. Akan ada menejemen start line yang mengatur pelari cepat dan pelari lambat.
2. Berkenaan dengan kenyamanan pelari saat finish; untuk menghindarkan kecelakaan dan tabrakan; akan dilakukan pembersihan area finish line.

Akomodasi
1. Maskapai
Maybank Bali Marathon bekerjasama dengan maskapai Air Asia jadi peserta tidak perlu khawatir dengan harga tiket penerbangan yang akan naik seiring dengan pelaksanaan MBM.
2. Hotel dan Parkir
Tahun ini, MBM bekerjasama dengan hotel-hotel besar di Bali untuk penyediaan ruangan dan parkir kendaraan. Peserta yang membawa kendaraan bisa memarkir kendaraan di area hotel tersebut.

Sport Photographer
MBM akan bekerjasama dengan fotografer profesional untuk mengabadikan momen pelari. Meskipun demikian belum dapat dipastikan apakah foto akan berbayar atau free.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pelaksanaan Bali Marathon 2017 mendatang. Semoga informasi ini membantu bagi kamu yang antusias dengan event lari bergengsi ini. Nah, apakah kamu sudah siap untuk ikut MBM 2017? Mari bersiap dan memperketat latihan.

Salam lari!

©Tina Latief 2017

Catatan:
Apabila informasi yang terlewat, kurang lengkap atau salah, mohon tambahan dan koreksinya. Untuk informasi lebih lanjut silakan pantau situs resmi Bali Marathon di http://www.balimarathon.com

Advertisements

6 thoughts on “Press Conference Maybank Bali Marathon 2017 dan apa saja yang perlu kamu tahu

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s