Running playlist of the week

Eksplor playlistmu dan mulailah berlari dengan musik.

PELARI takkan jauh-jauh dari musik, aku percaya itu. Musik berperan penting untuk menjadi teman berlari. Lebih dari itu, musik juga menjadi booster. Penyemangat.

Terutama saat kita mulai lelah di kilometer-kilometer terakhir, saat kita mulai terengah-engah dengan pace yang mulai naik turun. Melalui iramanya, musik bisa memperbaiki mood dan performa berlari menjadi lebih baik. Musik membuat lari menjadi lebih fun dan enjoyable.

Aku banyak bereksperimen dengan musik untuk memulihkan performa. Dulu, pertama kali aku menggunakannya untuk ujian masuk kuliah agar aku tidak tegang dan bersemangat. Kini aku menggunakannya juga untuk berlari dan berhasil. Aku bisa lebih enjoy selama berlari, membuatku lebih rileks dalam menghadapi kilometer demi kilometer jarak yang kutempuh.

Musik yang sering aku mainkan biasanya musik-musik dengan genre pop dengan ritme yang cepat seperti dance pop dan R&B. Aku membuat playlist khusus untuk lari di akun Spotifyku, mengupdatenya dengan lagu-lagu baru yang sedang hits saat ini—aku menamainya My Running Playlist. Berikut ini adalah daftar lagu favoritku saat ini yang aku gunakan sebagai teman lari selama sebulan ini. Jumlahnya ada 10 lagu dengan total durasi 37 menit.

  1. Shape of You – Ed Sheeran
  2. Stronger (What doesn’t kill you) – Kelly Clarkshon
  3. Timber – Kesha feat Pitbull
  4. Cold Water – Justin Bieber
  5. All Around the World – Justin Bieber
  6. Bright Lights Bigger City – CeeLo Green
  7. Neon Lights – Demi Lovato
  8. Born this Way – Lady Gaga
  9. Goin in – Jennifer Lopez
  10. What do you mean? – Justin Bieber

Mengapa hanya kubuat 10 lagu saja, ini bukan tanpa sengaja. Playlist ini kudesain untuk lari dengan jarak 5km yang mana durasi waktu yang kuhabiskan berkisar antara 27-37 menit. Hal ini sekaligus kugunakan untuk mengatur waktu yang kuhabiskan selama menempuh jarak sejauh 5km tersebut. Jika lagu sudah hampir habis, artinya aku harus mempercepat lariku.

Lalu bagaimana jika ingin berlari lebih jauh? Kabar baiknya, playlist di Spotify bisa diatur untuk berapapun lagu yang ingin kita dengarkan. Tinggal tambahkan saja lagu apa lagi yang ingin kita dengarkan dan berapa durasi waktu yang hendak kita habiskan. Atau, jika 10 lagu diatas tidak tergantikan, bisa juga memutarnya dua kali. Aku sering begitu, karena rasa-rasanya belum ada yang bisa menggantikan Shape of You-nya Ed Shreeran 🙂

Nah, kini giliranmu untuk membuat running playlist-mu!

©Tina Latief, 2017

2 thoughts on “Running playlist of the week

Any comments? just post!

